Biografi Titian Ramsay Peale

1 min read

Biografi Titian Ramsay Peale

Titian Ramsay Peale adalah seorang seniman, naturalis, entomolog, dan fotografer yang berasal dari Amerika Serikat.

Beliau lahir di kota Philadelphia, pada tanggal 17 November 1799. Ia merupakan putra bungsu dari seniman naturalis terkenal, yaitu Charles Willson Peale.

Terlahir dari keluarga seniman, membuat Titian juga ikut mewarisi bakat yang dimiliki oleh ayahnya.

Riwayat Pendidikan Titian Ramsay Peale

Dimasa remaja, Titian menempuh pendidikan di Universitas Pennsylvania. Disitu, ia mendalami bidang Anatomi (Ilmu Makhluk Hidup).

Karir Titian Ramsay Peale

Pada tahun 1787, Titian memulai karir pertamanya dengan salah satu ekspedisi yang ditemani oleh Thomas Say. Saat itu ia memulai karir pertamanya selama kurang lebih 32 tahun, hingga akhirnya ia memutuskan untuk berhenti.

Dua tahun kemudian, ia melanjutkan karirnya sebagai asisten Say, dalam sebuah ekspedisi menuju Pegunungan Rocky. Tepatnya, pada tahun 1819. Setelah itu, ia melanjutkan karirnya lagi sebagai asisten di Museum Philadelphia, yang sekarang bernama Museum Peale.

Setelah Charles Darwin kembali dari perjalanannya dengan HMS Beagle, yaitu pada tahun 1838. Titian kembali memulai mendalami ilmu Naturalis bersama Peacock, untuk United States Exploring Expedition (1838-1842) yang kala itu dipimpin oleh Lt Charles Wilkes.

Disitu, ia menjabat sebagai naturalis kepala. Dan mengumpulkan serta melestarikan sejumlah spesimen sejarah alam. Beberapa diantaranya di kemas dan dikapalkan balik ke museum.

Namun sayangnya, pada tahun 1843. Museum tersebut mengalami kebangkrutan, yang menyebabkan ia berhenti berkerja. Tapi gak lama kemudian, ia kembali bekerja di US Patent Office dan mulai dikenal secara mayoritas sebagai Fotografer.

Kehidupan Titian Ramsay Peale

Perjalanan hidup Titian, memang agak sedikit rumit. Sebab, tidak banyak sumber informasi yang kami dapatkan mengenai ini.

Yang jelas, pada usianya yang ke 17 tahun. Ia memulai bekerja dengan kakak nya yang bernama Rubens Peale, adik dari Charles W. Peale hingga tahun 1818 (kisaran 2 tahun).

Sementara di usianya yang ke 21, ia memutuskan untuk menikah dengan Eliza Cecilia La Forgue di tahun 1822. Tak lama setelah itu, ia kembali menyunting Lucy Mullen. Dari kedua istrinya tersebut, Titian dikaruniai oleh 6 orang anak.

Karya Titian Ramsay Peale

Sebagai seorang ilustrator ternama, Titian memiliki banyak sekali karya. Diantaranya adalah:

  • Lepidoptera Americana (1833).
  • Mammalia and Ornithology (1838-1842).
  • American Entomology (1824-1828).
  • American Ornithology karya Bonaparte (1825-1833).

Selain itu, ada beberapa koleksi karya dan lukisannya yang diserahkan ke Akademi Ilmu Pengetahuan Alam dari ekspedisi di Philadelphia. Salah satu diantaranya adalah sebagai berikut:

Lukisan karya Titian Ramsay Peale

Wafatnya Titian Ramsay Peale

Setelah menjalani hidup yang cukup lama, dan memiliki sejarah karir yang panjang. Pada tahun 1885, akhirnya beliau menghembuskan nafas terakhirnya. Tepatnya, pada 13 Maret 1885.

Baca Juga: Biografi Agus Djaya

Demikianlah ulasan singkat mengenai biografi Titian Ramsay P yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian dalam mengenali tokoh Titian ya. (Reff)

Biografi Basuki Abdullah

Scholtrek
2 min read

Biografi Agus Djaya

Scholtrek
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *