Eci Desi Cewek Tomboy, suka main, hobi Traveling dan Baca Novel. Saat ini menjadi penulis tetap di Scholtrek.com.

Buaya Terbesar di Dunia

3 min read

Buaya Terbesar di Dunia

Buaya Terbesar di Dunia – Buaya merupakan hewan buas yang hidup di air, seperti di rawa dan juga sungai. Reptil bertubuh besar ini, juga memiliki berbagai macam jenis. Seperti buaya sepit, aligator, kaiman dan lain sebagainya.

Meskipun memiliki banyak jenis, namun cukup sulit bagi orang awam untuk membedakannya. Sebab, ukuran tubuhnya yang hampir berukuran sama antara satu sama lain.

Nah untuk itulah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kumpulan buaya terbesar di dunia. So, buat Anda yang penasaran. Silakan simak konten ini sampai selesai.

Buaya Terbesar di Dunia

Di dunia ini, setidaknya terdapat 10+ buaya terbesar yang berhasil di tangkap oleh manusia. Diantaranya adalah sebagai berikut. Check this Out.!

1. Kalia

Buaya terbesar di dunia yang pertama adalah Kalia. Memiliki panjang 7 meter dan berat 2 ton, membuat buaya dengan nama Kalia ini masuk dalm buku Guinness world record sebagai buaya terbesar di dunia.

Kalia, pertama kali ditemukan di perairan India yang kemudian di kirim ke taman Bhitarkanika di kawasan Orissa Negara India. Kalia sendiri, merupakan buaya air asin. Yang mana, habitat Kalia berada di laut / sungai.

2. Lolong

Buaya Terbesar Lolong

Selanjutnya, adalah buaya dengan nama lolong. Buaya terbesar di dunia yang kedua ini pertama kali ditemukan di kawasan Bunawan, Filipina. Buaya ini memiliki panjang 6,17 meter dan berat mencapai 1.075 kilo gram.

Sama seperti Kalia, lolong juga merupakan buaya air asin yang habitatnya di laut dan juga sungai air asin.

Menurut para ahli, lolong ditemukan dan ditangkap pada tahun 2011 yang di lakukan oleh tim dari Filipina selatan. Dalam proses penangkapan tersebut, di butuhkan sebanyak 13 orang kru dengan kurun waktu sekitar 3 minggu.

Pada tahun 2012, Guinness World Records menetapkan lolong sebagai buaya terbesar di dunia secara resmi. Namun sayangnya, tidak lama setelah itu. Tepatnya, pada tahun 2013. Lolong di nyatakan meninggal di kandangnya sendiri.

3. Dominator

Dominator

Buaya terbesar di dunia yang ketiga adalah Dominator. Buaya air asin ini memiliki panjang 6 meter yang bisa melonjak setinggi atap kapal. Untuk berat badannya, dominator diperkirakan mencapai setengan ton atau bisa lebih dari itu.

Dominator ditemukan di perairan Australia, tepatnya di sungai Adelaide yang juga menjadi sungai yang padat akan populasi buaya. Oh iya selain itu. Buaya ini juga sangat terkenal sekali sebagai buaya yang sangat narsis.

4. Gustave

Gustave

Gustave adalah buaya yang dijuluki sebagai monster. Buaya terbesar ini kerap kali membunuh manusia. Tercatat, saat awal mula ia muncul sudah puluhan orang yang menjadi korban. Bahkan, sampai saat ini pun ia masih cukup aktif dalam membunuh.

Buaya terbesar di dunia ini memiliki panjang 25 kaki dengan berat badan kurang lebih satu ton.

Gustave, pertama kali ditemukan di Burundi, Benua Afrika. Dimana, merupakan daerah yang memiliki banyak sekali wilayah danau dn air laut. Dari penyelidikan pada tahun 1990, gustave sudah memiliki berat badan yang mencapai 250 kilo gram.

Selain itu, ada yang unik dari buaya ini. Yaitu, terdapat banyak bekas luka di tubuhnya karena sering di buru oleh para pemburu.

5. Bujang Senang

Bujang Senang

Diposisi kelima, ada bujang senang. Buaya yang ditemukan di Sri aman, Sarawak, Malaysia ini memiliki panjang 20 kaki / 6,6 meter dengan berat kurang lebih satu ton.

Buaya dengan spesies Crocodylus porosus ini, memiliki ciri khas yakni terdapat jalur putih yang berada di belakang badannya.

Konon, pada tahun 1941 buaya dengan nama bujang senang ini sudah memangsa ratusan orang manusia. Namun, entah benar atau tidak. Yang jelas, katanya seperti itu.

6. Brutus

Brutus

Brutus adalah buaya yang hanya memiliki tiga kaki. Menurut cerita masyarakat setempat, satu kakinya hilang atau putus akibat pertarungan dengan hiu banteng yang ada di muara sungai.

Dan, tentu saja hal tersebut menjadi perbincangan yang hangat mengenai seberapa besar hiu banteng tersebut.

Buaya terbesar ini memiliki panjang badang kurang lebih sekitar 5,6 meter atau 18 kaki 4 inci dan memiliki berat sekitar kurang lebih satu ton. Brutus sering dijuluki sebagai Monster muara sungai.

7. Yai dan Utan

Yai dan Utan

Buaya terbesar selanjutnya adalah yai dan utan. Kedua buaya ini ditemukan pada tahun 1972, yang merupakan buaya campuran dari buaya muara dan buaya siam.

Kedua buaya tersebut memiliki panjang 6 meter dan memiliki berat yang mencapai 1.114. 27 kg (1 ton lebih).

Yai merupakan buaya hibrida estuara-Siam yang mana saat ini berada di Samut Prakan Crocodile Farm and Zoo yang ada di Thailand. Panjang tubuh yai adalah 5,5 meter dengan berat mencapai 1 ton.

Sedangkan utan, adalah buaya dengan jenis hibrida antara buaya siam & air asin. Utan sendiri, lahir pada tahun 1964 dengan berat yang mencapai 2000 lbs serta panjang tubuh lebih dari 18 kaki.

8. Cassius

Cassius

Cassius merupakan salah satu buaya air asin terbesar yang masuk ke dalam buku Guinnes book of world records pada tahun 2011 lalu.

Buaya ini memiliki berat tubuh kurang lebih 968 kilo gram dan pernah menyebkan masalah pada kapal yang sedang melintasi Northern territory. Hingga pada akhirnya, ia di tangkap pada tahun 1984.

Menurut penelitian, Cassius di perkirakan memiliki umur sekitar 110 tahun dengan panjang tumbuh kurang lebih 5,5 meter.

Saat ini, buaya dengan nama yang di ambil dari seorag petinju legendaris kelas berat itu. Yakni Cassius clay, tinggal di sebuah Pulau Hijau yang ada di seluruh Australia.

9. Gomek

Gomek

Diposisi kesembilan ada Gomek, yang merupakan buaya muara. Gomek, memiliki panjang tubuh kurang lebih 7, 1 meter dengan berat badan yang mencapai 1.114.27 kilo gram.

Buaya terbesar ini, ditemukan dan di tangkap di daerah Papua Nugini yang kemudian di beli oleh Terri serta Arthur Jones pada tahun 1985. Selama kurang lebih 5 tahun dipelihara, Terri dan Arthur Jones kemudian menjual nya kepada taman St augustine alligator farm zoological.

8 Tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1997 Gomek meninggal dunia di karenakan penyakit jantung.

10. Puento Noire

Buaya terbesar di dunia yang terakhir adalah Puento noire. Buaya ini ditemukan oleh Afrika di daerah Kongo, dengan ukuran kurang lebih 17,17 kaki atau sekitar 5, 35 meter.

Namun sayang, saat ditemukan. Buaya dengan nama Puento noire ini sudah dalam keadaan tidak bernyawa alias mati. O iya, perlu Anda ketahui bahwa nama Puento noire bukanlah nama asli dari buaya tersebut.

Baca Juga: Ikan Terbesar di Dunia

Nah, itulah dia kumpulan buaya terbesar di dunia yang dapat saya ulas kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan Anda, serta menjadi makin tahu mengenai buaya-buaya terbesar yang ad di dunia ini. Demikian dan Terima kasih.

Eci Desi Cewek Tomboy, suka main, hobi Traveling dan Baca Novel. Saat ini menjadi penulis tetap di Scholtrek.com.

Arti Kata Vibes

Jumaldi Kurnia Rizki
1 min read

Ikan Terbesar di Dunia

Eci Desi
2 min read

Pakaian Adat Sunda

Eci Desi
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *