Eci Desi Cewek Tomboy, suka main, hobi Traveling dan Baca Novel. Saat ini menjadi penulis tetap di Scholtrek.com.

Cara Menentukan Ide Pokok

1 min read

Cara Menentukan Ide Pokok

Cara Menentukan Ide Pokok – Saat menentukan ide pokok, banyak para pelajar yang salah dalam melakukannya. Mereka menganggap bahwa ide pokok itu selalu berada diawal paragraf. Padahal pokok pikiran tak selalu berada diawal.

Melainkan, bisa ditengah maupun diakhir. Lantas, bagaimanakah cara menentukan ide pokok dalam sebuah bacaan?

Dibawah ini, saya akan menjelaskan tentang cara mencari ide pokok pada sebuah paragraf atau bacaan. So, buat Anda yang masih bingung dalam menentukan ide pokok. Silahkan simak konten ini sampai selesai.

Cara Menentukan Ide Pokok

Ada tiga (3) cara / faktor untuk menentukan ide pokok, di antaranya adalah sebagai berikut. Check this Out!

1. Baca Teks Secara Keseluruhan

Membaca keseluruhan teks memanglah membosankan, apalagi jika teks-nya itu panjang. Tentu, akan sangat membosankan sekali.

Namun, jika kita tidak membacanya secara keseluruhan. Maka, mustahil rasanya untuk mengetahui inti dari bacaan tersebut. Untuk itulah, Anda wajib dan harus membaca-nya secara keseluruhan.

Tidak perlu terburu-buru, silakan baca kalimat per kalimat dengan baik agar Anda paham dan pada akhirnya bisa menangkap inti dari bacaan tersebut.

2. Cari Kalimat Utama

Setelah Anda membaca seluruh teksnya, maka sekarang saatnya kita untuk mencari kalimat utama dari teks bacaan tersebut.

Oh iya, sebelumnya perlu Anda ketahui.. Bahwa kalimat utama dan ide pokok itu berbeda. Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung atau berisi ide pokok atau gagasan utama. Sedangkan ide pokok merupakan inti dari suatu bacaan.

Jadi, secara sederhananya. Didalam sebuah kalimat utama, juga terkandung ide pokok. Alhasil, saat kita menemukan kalimat utama. Maka, otomatis ide pokok pun akan mudah kita temukan.

3. Membuat Kesimpulan

Jika, dengan cara mencari kalimat utama Anda tidak berhasil juga. Maka, coba gunakan cara yang satu ini. Yaitu, membuat kesimpulan.

Contoh Penerapan Menentukan Ide Pokok

Nah, setelah kalian tahu poin-poin cara menentukan ide pokok. Alangkah baiknya kita melakukan sedikit uji coba / praktek, agar Anda semakin paham.

Silahkan Anda baca baik-baik teks dibawah ini:

Buah pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain bisa menyembuhkan penyakit mata, buah pepaya juga bagus untuk kesehatan jantung seseorang. Ini hanyalah sebagian kecil dari beragam manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi pepaya.

Coba Anda perhatikan teks diatas, terdapat kata buah pepaya bukan? Bukan hanya satu, tetapi ada tiga. Namun, jika Anda beranggapan bahwa “buah pepaya” adalah ide pokok-nya. Maka, itu salah. Karena maknanya yang terlalu luas.

Akan tetapi, gagasan pokok dari teks diatas dapat kita lihat dari kalimat utamanya. Yakni, “Buah pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh” (kalimat pertama).

Dari kalimat utama tersebut, dapat kita simpulkan bahwa bacaan di atas mengandung pokok pikiran “manfaat buah pepaya bagi kesehatan”.

Baca Juga: Ide Pokok Paragraf

Gimana? Sangat mudah bukan? Demikianlah postingan kali ini, dan jika dirasa bermanfaat. Silahkan Anda bagikan ke sosial media kalian. Sekian dan terima kasih.

Eci Desi Cewek Tomboy, suka main, hobi Traveling dan Baca Novel. Saat ini menjadi penulis tetap di Scholtrek.com.

Contoh Ungkapan

Eci Desi
3 min read

Ide Pokok

Eci Desi
1 min read

Pidato Bahasa Jawa

Eci Desi
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *