Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Contoh Recount Text

12 min read

Contoh Recount Text – Sebagian dari kita, mungkin hanya mengetahui beberapa jenis teks saja. Padahal, dalam bahasa Inggris itu sendiri terdapat banyak sekali jenis teks. Seperti descriptive text, narrative text, procedure text, dan Recount text.

Recount text sendiri, adalah jenis teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan kejadian-kejadian masa lalu atau pengalaman-pengalaman di masa lampau.

Adapun tujuan dari teks ini adalah untuk memberikan informasi / sekedar untuk menghibur para pembaca sehingga tidak terdapat konflik.

Selain itu, recount text juga dapat diartikan sebagai kegiatan mengingat kembali suatu cerita atau pengalaman di masa lalu pada sebuah teks cerita. Adapun ciri-ciri Recount Text adalah sebagai berikut:

• Menggunakan kalimat past tense karena menceritakan suatu kejadian yang sudah terjadi.
  • Menggunakan action verbs seperti visit, walk, eat dan go.
  • Menggunakan conjunction dan time connectives seperti before, after, then, when dan first untuk merangkai satu kejadian dan kejadian lainnya.
  • Menggunakan adverbs and adverbial phrase.

Jenis Recount Text

Terdapat 4 macam jenis pada recount text, dan jenis-jenis tersebut dapat Anda lihat dan bedakan pada contoh recount text dibawah ini. Namun sebelum itu, berikut jenis-jenis recount text:

1. Personal Recount

Ini merupakan jenis recount text yang menceritakan sebuah kisah tentang si penulis di masa lampau. Contohnya saja seperti pengalaman tak terlupakan, pengalaman di sekolah, ataupun tentang liburan yang ia jalani ke pantai.

2. Factual Recount

Jenis kedua ini adalah yang menceritakan sebuah pengalaman nyata atau fakta dari suatu kejadian dimasa lalu. Minsalnya saja seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan dan laporan kepolisian.

3. Imaginative Recount

Dalam jenis ini menceritakan sebuah kisah yang ditulis dari imaginasi si penulis tentang suatu hal. Dan umumnya, hal tersebut dituliskan dalam bentuk past tense atau menuliskan kembali peritiswa/kejadian yang telah terjadi.

4. Historical Recount

Yang terakhir adalah historical. Ini merupakan jenis recount text yang membahas tentang sejarah, baik itu tempat bersejarah maupun benda-benda bersejarah. Contohnya seperti candi borobudur.

Struktur Recount Text

Untuk membuat recount text tidaklah bisa sembarangan, ada struktur dan kaidah yang harus Anda pahami. Adapun struktur-struktur tersebut adalah sebagai berikut :

1. Orientation (Pembuka)

Struktur recount text yang pertama adalah orientation atau pembuka. Pada bagian ini, biasanya akan dijelaskan mengenai informasi berupa detail dari cerita tersebut. Seperti tentang siapa, dimana dan kapan peristiwa tersebut atau kejadian itu terjadi di masa lampau.

2. Event (Isi)

Merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti “In the first day… . And in the next day… . And in the last day… .” Pada bagian ini terdapat juga komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

3. Reorientation (Penutup atau kesimpulan)

Pada bagian ini, biasanya berisi tentang pengulangan teks orientation, & pengulangan tentang rangkuman peristiwa atau kejadian yang diceritakan tersebut.

Contoh Recount Text

Nah, buat Anda yang memiliki tugas tentang recount text. Tapi, bingung untuk membuatnya. Maka, silahkan kalian comot kumpulan contoh Recount Text berikut yang saya rangkum dari berbagai sumber. Check it out!

1. Contoh Recount Text Tentang Pengalaman

Contoh Recount Text Tentang Pengalaman

My First Time in Yogyakarta

My family and I went to my grandmother’s house in Yogyakarta last month. It was my first trip to this city. We went there two days after my sister’s gradution ceremony in Semarang.

We arrived at Yogyakarta at night. We spent a week staying in my grandmother’s house which is 5 minutes away by foot to Malioboro street.

In the first morning, we were still too tired after a long trip from Semarang to Yogyakarta. So we decided to stay at home to recharge our energy. I walk around the neighborhood with my sister just to experience how it is like to be in Yogyakarta.

There were too many house, I think, which made the space between a house and the other was so small, even the road was also small that only bicycle and motorcycle can go through.

On the second day, all of us went to Malioboro street. We saw so many merchant with various of product which they claim to be a traditional product of Yogyakarta.

I bought some wooden figurine and T-shirt with the word “Yogyakarta” printed on it, while my sister bought some leather handbag. My mom and dad were busy choosing some merchandise to be brought home when we go back.

On the third day, we went to Taman Sari and Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat to see some historical building in Yogyakarta. We took a lot of picture there.

We also took some picture of the building so we can check it again at home. We found some place providing Yogya traditional food around the building and we jumped in right away.

We spent the rest of our week in Yogyakarta by visiting some Shopping Malls such as Jogja City Mall, Malioboro Mall, Hartono Mall and Ambarrukmo Plaza.

We realized that Yogyakarta turned out to be very warm during the day, that was the reason why we decided to spend more time in air conditioned building like this.

Kali Pertama Saya ke Yogyakarta

Keluarga saya dan saya pergi ke rumah nenek saya di Yogyakarta bulan lalu. Itu merupakan perjalanan pertama saya ke kota ini. Kami pergi kesana dua hari setelah upacara wisuda kakak saya di Semarang.

Kami sampai di Yogyakarta pada malam hari. Kami menghabiskan satu minggu tinggal di rumah nenek saya yang berjarak 5 menit jalan kaki dari jalan Malioboro.

Pada pagi hari pertama, kami masih terlalu lelah setelah perjalanan panjang dari Semarang ke Yogyakarta. Jadi kami memutuskan untuk tetap di rumah untuk mengisi tenaga kami.

Saya berjalan jalan di lingkungan rumah bersama kakak saya untuk merasakan bagaimana rasanya berada di Yogyakarta.

Terdapat terlalu banyak rumah, menurut saya, yang membuat jarak antara satu rumah dengan rumah lainnya begitu sempit, bahkan jalanan nya juga kecil hingga hanya sepeda dan sepeda motor yang bisa lewat.

Pada hari kedua, kami semua pergi ke jalan Malioboro. Kami melihat ada begitu banyak pedagang dengan berbagai macam produk yang mereka akui sebagai produk tradisional dari Yogyakarta.

Saya membeli beberapa patung kayu dan kaos oblong dengan tulisan “Yogyakarta” tercetak di atasnya, sementara itu kakak saya membeli beberapa tas tangan kulit.

Ibu dan Ayah saya sibuk memilih beberapa barang dagangan untuk dibawa kerumah saat kami pulang.

Pada hari ketiga, kami pergi ke Taman Sari dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk melihat beberapa bangunan bersejarah di Yogyakarta.

Kami mengambil banyak poto di sana. Kami juga mengambil beberapa poto dari bangunan itu supaya kami bisa melihatnya lagi di rumah.

Kami menemukan beberapa tembat yang menyediakan makanan khas Yogya disekitar bangunan itu dan kami langsung saja masuk kesana.

Kami menghabiskan sisa minggu kami di Yogyakarta dengan mengunjungi beberapa pusat perbelanjaan seperti Jogja City Mall, Malioboro Mall, Hartono Mall dan Ambarrukmo Plaza.

Kami menyadari bahwa ternyata Yogyakarta sangat panas pada siang hari, inilah alasannya mengapa kami memutuskan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di dalam bangunan ber AC seperti ini.

2. Contoh Recount Text Tentang Liburan ke Pantai

Contoh Recount Text Tentang Liburan ke Pantai

My Holiday with My Family at Pangandaran Beach

Last month was New Year holiday. I and my family went to Pangandaran beach for a vacation. We took a tourism bus to go there. We left at 07.00 o’clock in the morning. The trip took about four hours and we arrived at around 11.00 am.

As we arrived there, I walked down to the beach. It was a nice sunny day with a blue sky and a gentle breeze. I saw some seagulls flew around hunting for fish.

The waves there were suitable for swimming, but I didn’t swim because I couldn’t swim and only play with the water on shallow part. We also didn’t miss our opportunity here taking some pictures with the background of scenic Pangandaran beach.

Before we went home, I looked for some beautiful souvenir at the nearby shop there. Eventually, we went home at about 05.00 pm. It was a memorable experience for me with my family.

Liburanku Bersama Keluarga di Pantai Pangandaran

Bulan lalu adalah liburan tahun baru. Aku dan keluarga pergi ke pantai Pangandaran untuk berlibur. Kami memakai bus pariwisata untuk pergi kesana.

Kami berangkat jam 7 pagi. Perjalanan memakan waktu empat jam dan kami sampai sekitar jam 11 siang.

Ketika sampai disana, aku berjalan ke pantai. Saat itu hari sangat bagus dan cerah dengan langit biru dan hembusan angin yang sepoi-sepoi.

Aku melihat beberapa burung laut sedang berburu ikan. Ombak disana cocok untuk berenang, tetapi aku tidak berenang karena tidak bisa dan hanya bermain air dibagian yang tidak dalam.

Kami tidak melewatkan momen untuk berfoto dengan latar belakan pantai Pangandaran yang indah.

Sebelum kami pulang ke rumah, aku mencari beberapa oleh-oleh di toko terdekat. Akhirnya, kami pulang ke rumah pukul 5 sore. Ini merupakan pengalaman yang berkesan untukku dan keluargaku.

3. Contoh Recount Text tentang Liburan di Rumah

Contoh Recount Text tentang Liburan di Rumah

Holiday at Home

Last thursday was my day off. I didn’t go anywhere. I just stay at home for two weeks to did the same activities routinely, over and over again. I felt that was the worst day I have ever passed.

I woke up earlier and did subuh prayer. After that, I had breakfast with my family in the morning. At 08.00 am, I turned on computer and played many games. Not felt, it was 10.00 o’clock, I rushed to take a bath to freshen my body.

Then, I watched my favorite TV programs until it almost midday. At 01.00 pm, I went to bathroom to ablution and immediately did zuhur prayer. Then, I had lunch and helped my mother to clean the house.

Because I was tired, I felt asleep on the couch. Unexpectedly, after waking up I had a guest who could cheer me up, my aunt came with her child. I kept playing with my nieces until nightfall.

Although just a home holiday, at least to refresh my mind from the routine activities in the office.

Liburan di Rumah

Hari Kamis yang lalu adalah hari liburku. Aku tidak pergi kemana-mana. Aku hanya menghabiskan waktu dirumah dengan melakukan aktivitas yang sama, lagi dan lagi. Aku merasa itu menjadi hari terburuk yang pernah aku alami.

Saya bangun lebih awal dan melakukan sholat subuh. Setelah itu, saya sarapan bersama keluarga di pagi harinya. Pada jam 8.00, aku menghidupkan komputer dan bermain game. Tak terasa, sudah pukul 10.00. Saya bergegas mandi untuk menyegarkan badanku.

Kemudian, aku menonton acara TV kesukaanku hingga menjelang siang. Pada pukul 13.00, Aku pergi ke kamar mandi untuk berwudhu dan segera melakukan sholat zuhur. Lalu, aku makan siang dan membantu ibu membersihkan rumah.

Karena kecapekan, aku tertidur di sofa. Tak disangka, setelah bangun tidur aku sudah kedatangan tamu yang bisa menghibur hati, bibi datang bersama anaknya yang masih kecil. Aku terus bermain bersama keponakanku hingga menjelang malam.

Meskipun hanya liburan dirumah, paling tidak dapat menyegarkan pikiranku untuk menjalankan aktivitas rutin di kantor. Kami berangkat pukul.

4. Contoh Recount Text tentang Liburan Sekolah

Contoh Recount Text tentang Liburan Sekolah

Visiting Uncle’s House

The last semester vacation was an unexpected holiday. Because, I didn’t have any vacation schedule. But, my father gave me a surprise. I was very happy and excited to visit my uncle who had not met for two years.

I prepared everything needed to go on vacation. After that, dad invited me to go to the terminal because we did left at 05.00 pm. The trip that must be taken to Panyabungan was around 13 hours. Along the way, I saw such an amazing view from the bus window.

The next day, we arrived at 08.00 am. I didn’t expect them to gather to greet us.On the day, I had to take a rest for freshen my body.

The second day there, I did taken by my uncle to go to the garden to harvest oranges. The location of garden was not far from Uncle’s house. Arriving there, I was happy to be able to pick oranges directly from the tree. The oranges that had been picked were sold and some were for souvenirs.

The third day, I and uncle went to the river for take a bath. I did amazed to see the water that was so clear. There, I found many people busy to washing and bathing.

The holiday was over, I had to go back to Medan to continue the routine activities. While there, I got a lot of experience and visited family that I had never met before.

Although it was a short vacation, it was a memorable holiday for me. I got a lot of experience there.

Mengunjungi Rumah Paman

Liburan semester yang lalu merupakan liburan yang tak pernah terlupakan. Pasalnya, aku tidak memiliki jadwal liburan apapun. Tapi, ayahku memberikan kejutan untukku. Aku diajak pergi berlibur ke Panyabungan, tempat paman tinggal. Aku sangat senang dan terharu bisa mengunjungi paman yang sudah dua tahun tidak bertemu.

Aku pun menyiapkan segala yang diperlukan untuk pergi berlibur. Setelah itu, ayah mengajakku pergi ke terminal karena kami akan berangkat pukul 17.00. Perjalanan yang harus ditempuh ke Panyabungan sekitar 13 jam. Di sepanjang jalan, aku melihat pemandangan yang begitu menakjubkan dari jendela bus.

Keesokan harinya, kami pun sampai pada pukul 08.00. Aku tak menyangka mereka sudah berkumpul. menyambut kami. Di hari itu, aku harus istirahat untuk menyegarkan badanku.

Hari kedua disana, aku diajak paman pergi ke kebun untuk memanen jeruk. Lokasi kebun tidak jauh dari rumah paman. Sesampainya disana, aku senang bisa memetik jeruk langsung dari pohonnya. Jeruk yang sudah dipetik ada yang dijual dan sebagiannya lagi untuk oleh-oleh.

Hari ketiga, aku dan paman pergi ke sungai untuk mandi. Aku terpukau melihat airnya yang begitu jernih. Disana, aku menemukan banyak orang sibuk mencuci dan mandi.

Liburan pun usai, aku harus kembali pulang ke Medan untuk melanjutkan aktivitas rutin. Selama disana, aku mendapat banyak pengalaman dan mengunjungi keluarga yang belum pernah aku temui sebelumnya.

Walaupun itu liburan singkat, namun itu menjadi liburan yang mengesankan bagiku. Aku mendapatkan banyak pengalaman disana.

5. Contoh Recount Text tentang Pengalaman Pribadi

Contoh Recount Text tentang Pengalaman Pribadi

My First Experience

At that time, I was 17 years old. I asked my father to give me a gift which is a motorcycle. However, my wish was rejected by my father because I was still an adult. Then, I asked my father to teach me to ride a motorcycle. Initially, my father refused my request and promised to teach me next year, but I sulked.

Finally, my father tought me to ride a motorcycle in a field near the house. Father gave instructions on how to drive it. First, my father led me from behind and I was riding on my father. Over time, I want to try it myself. I was happy and proud to be riding a motorcycle.

A few days later, I tried to ride a motorcycle on the narrow street of my house. I was nervous when there was another motorcycle in front of me. Unexpectedly, my motorcycle hit the wall which made me falled from the motorbike.

I was afraid of being scolded when I got home. But the reality, my father was very proud of me. I was also given advice to be more calm in driving.

Pengalaman Pertamaku

Waktu itu, usiaku sudah memasuki 17 tahun. Aku meminta ayah untuk memberiku kado yaitu sepeda motor. Namun, keinginanku ditolak ayah karena aku masih belum dewasa. Lalu, aku meminta ayah untuk mengajariku mengendarai motor. Awalnya, ayah menolak permintaanku dan berjanji akan mengajariku tahun depan, tapi aku merajuk.

Akhirnya, ayah mau mengajariku mengendarai motor di lapangan yang ada didekat rumah. Ayah memberikan petunjuk bagaimana cara mengendarainya. Pertama, ayah menuntunku dari belakang dan aku yang membonceng ayah. Lama-kelamaan, aku ingin mencobanya sendiri. Aku senang dan bangga bisa mengendarai motor.

Beberapa hari kemudian, aku mencoba mengendarai motor di jalan rumahku yang sempit. Aku gugup ketika ada motor lain didepanku. Tidak disangka, motorku menabrak tembok yang membuatku jatuh dari motor.

Aku takut dimarahi ketika sampai dirumah. Tapi kenyataannya, ayah sangat bangga kepadaku. Aku juga diberi nasihat agar lebih tenang dalam berkendara.

6. Contoh Recount Text tentang Pengalaman Buruk

Contoh Recount Text tentang Pengalaman Buruk

Came Late to School

Last Wednesday, I was late for school. That’s because I played online games until 3:00 a.m.

At 5:30 a.m., my mom tried to wake me up. But, I ignored mother’s words and continued to sleep again. Suddenly, I was jolted from my sleep and saw it was after 06:30. Without thinking, I took a towel and immediately ran towards the bathroom. I saw breakfast that had been served by my mother. But, I didn’t have time to have breakfast.

Usually, I go to school with my mother. But, mother had gone to the office before I woke up. Finally, I went to school by public transportation.

It showed at 06.49, the public transportation that I wanted arrived. The trip to school took about 8 minutes. Because it was busy, the streets began to jam and made my trip a longer time.

I arrived at school at 7:10. While the class starts at 07.00. I ran to the classroom, but the teacher didn’t let me in because it was past schedule.

Finally, I had to stand outside the classroom and lost one lesson. I was embarrassed and promised not to repeat it again.

Datang Terlambat ke Sekolah

Hari rabu yang lalu, aku terlambat datang ke sekolah. Hal itu dikarenakan aku bermain game online hingga pukul 03.00 pagi.

Pukul 05.30, Ibu sudah coba membangunkanku. Tapi, aku tidak menghiraukan perkataan ibu dan lanjut tidur lagi. Tiba-tiba, aku tersentak dari tidurku dan melihat jam sudah menunjukkan pukul 06.30. Tanpa pikir panjang, aku mengambil handuk dan segera lari menuju kamar mandi. Aku melihat sarapan yang sudah dihidangkan oleh ibu. Tapi, aku tidak sempat untuk sarapan.

Biasanya, aku pergi sekolah bersama ibu. Tapi, ibu sudah pergi ke kantor sebelum aku bangun. Akhirnya, aku pun pergi menggunakan angkutan umum.

Waktu sudah menunjukkan pukul 06.49, angkutan umum yang aku inginkan pun tiba. Perjalanan ke sekolah membutuhkan waktu sekitar 8 menit saja. Karena sudah jam sibuk, jalanan mulai macet dan membuat perjalanan saya menjadi lebih lama.

Saya tiba di sekolah pukul 07.10. Sedangkan kelas dimulai pukul 07.00. Saya berlari menuju ruang kelas, namun guru tidak mempersilakan masuk karena sudah lewat dari jadwal.

Akhirnya, saya harus berdiri di luar kelas dan kehilangan satu jam pelajaran. Aku malu dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

7. Contoh Recount Text tentang Sejarah

Contoh Recount Text tentang Sejarah

Sumpah Pemuda Day

Sumpah Pemuda was a day that is celebrated as a pledge of the nations the homeland Indonesia. This oath was considered as a form of the spirit of the Indonesian people in upholding the ideals of Indonesian independence.

The “Sumpah Pemuda” Congress was held on October 27-28, 1928 in the city of Jakarta. Then, the day was celebrated every year as the “Sumpah Pemuda” day. Several youth organizations attended the congress such as Jong Java, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten, Jong Ambon, and others.

The expected results of the Sumpah Pemuda congress were to formulate the homeland, the nation and the Indonesian language. Later, this formula was used as the principle of the unity of the Indonesian nation.

Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan hari yang diperingati sebagai suatu ikrar anak bangsa terhadap tanah air Indonesia. Sumpah ini dianggap sebagai bentuk semangat bangsa Indonesia dalam menegakkan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Kongres “Sumpah Pemuda” diadakan pada tanggal 27 hingga 28 Oktober 1928 di kota Jakarta. Tanggal 28 oktober kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai hari “Sumpah Pemuda”. Kongres tersebut dihadiri oleh para pemuda dan organisasi pergerakan kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten, Jong Ambon, dan lain-lain.

Hasil yang diharapkan dari kongres Sumpah Pemuda adalah merumuskan tentang tanah air, bangsa dan bahasa Indonesia. Nantinya, rumusan ini digunakan sebagai asas persatuan bangsa Indonesia.

8. Contoh Recount Text tentang Memasak

Contoh Recount Text tentang Memasak

Cooking was my hobby

I got a new thing when cooking. On January 10, I wanted to give a surprise for my mother. I wanted to make a birthday cake for him.

That morning, I accidentally woke up late. When mom had went to work, I wake up. I immediately took a shower and prepared to go to the market. I would boght all the ingredients and equipment to make cakes. After buying all the ingredients I had to return home.

When I got home, I went straight to the kitchen. The first thing I had to did prepare the equipment was used to make the cake, such as mixer, oven, scales, spatulas and baking pan. I did combined the yolk, the egg white, and sugar to shake until fluffy. Then, enter flour, the cocoa powder, chocolate paste and baking powder. And stir them until spread out.

After that, I poured it into an oval baking dish and heated the oven to 175 degrees. The time needed to burn the cake was about 45 minutes. Finally, the cake was cooked. I began to decorate the cake to make it look attractive.

When my mother came home, I brought a cake and sang a birthday song for her. Mother moved that surprise me given. I hugged my mother and said love to her.

Memasak adalah hobiku

Aku mendapatkan suatu hal yang baru ketika memasak. Pada 10 Januari kemarin, aku ingin memberikan sebuah kejutan untuk ibu. Aku ingin membuat kue ulang tahun untuk nya.

Pagi itu, aku sengaja bangun telat. Ketika ibu sudah pergi bekerja, aku pun bangun. Aku segera mandi dan bersiap untuk pergi ke pasar. Aku akan membeli semua bahan dan peralatan untuk membuat kue. Setelah membeli semua bahan akupun kembali pulang.

Ketika saya sampai di rumah, saya langsung pergi ke dapur. Hal pertama yang harus saya lakukan adalah menyiapkan peralatan yang digunakan untuk membuat kue, seperti mixer, oven, timbangan, spatula dan loyang. Saya menggabungkan kuning telur, putih telur, dan gula hingga kocok sampai mengembang. Lalu, masukkan tepung, bubuk cokelat, pasta cokelat dan baking powder. Dan aduk sampai menyebar.

Setelah itu, aku pun menuangkannya ke dalam loyang yang berbentuk oval dan memanaskan oven hingga 175 derajat. Waktu yang dibutuhkan untuk membakar kue sekitar 45 menit. Akhirnya, kue pun masak. Aku mulai menghiasi kue agar terlihat menarik.

Ketika ibu sudah pulang, aku membawakan kue dan menyanyikan lagu ulang tahun untuknya. Ibu pun menangis haru karena kejutan yang aku berikan. Aku pun memeluk ibu.

Baca Juga: Contoh Descriptive Text

Demikianlah yang dapat saya bagikan kali ini mengenai contoh recount text. Dan semoga ulasan ini dapat membantu kalian dalam memahami text recount tersebut. Sekian dan terima kasih.