Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Dampak Negatif Perubahan Sosial

3 min read

Dampak Negatif Perubahan Sosial

Dampak Negatif Perubahan Sosial – Di dalam kehidupan manusia, tentu tidak lepas dari yang namanya perubahan sosial. Ini sudah menjadi hal umum dan lumrah bagi setiap kehidupan manusia.

Perubahan sosial sendiri, pada umumnya memiliki dua dampak. Yakni, dampat positif (baik) dan juga dampak negatif (kurang baik). Kedua dampak tersebut memiliki plus minusnya tersendiri.

Minsalnya saja dampak negatif, yang dimana akan menimbulkan sejumlah kerugian. Baik itu kerugian secara material maupun non material.

Nah, dibawah ini saya akan merangkum beberapa dampak negatif perubahan sosial beserta contohnya. So, buat kalian yang belum tahu apa saja dampaknya. Silahkan simak konten ini sampai selesai.

Dampak Negatif Perubahan Sosial

Ada beberapa dampak negatif perubahan sosial. Setidaknya, terdapat 9 buah dampak. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Terjadi Disintegrasi Sosial

Dampak negatif perubahan sosial yang pertama adalah disintegrasi. Ini merupakan dampak negatif yang cukup sering terjadi pada kehidupan kita. Biasanya, hal ini terjadi dikarenakan revolusi.

Apalagi, jika revolusinya disertai dengan tindak kekerasan. Maka, akan dapat mendorong perpecahan dalam masyarakat.

Tidak hanya itu saja, kesenjangan sosial antarsuku bangsa juga dapat menyebabkan disintegrasi sosial. Yang dimana, hal tersebut akan mengakibatkan tidak berfungsinya lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat.

2. Peningkatan Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja juga termasuk kedalam dampak negatif dari perubahan sosial. Ini biasanya disebabkan oleh kebebasan-kebebasan budaya barat yang di anut oleh remaja kita.

Sebagai contoh dampak negatif tersebut adalah tawuran, adanya geng motor, seks bebas, pornografi, penggunaan obat-obatan terlarang, pemerasan dan masih banyak lagi lainnya.

3. Terjadi Kerusakan Lingkungan

Perubahan sosial tidak jauh dari yang namanya konsumsi dan juga produksi. Seiring berjalannya perubahan sos, maka tingkat konsumsi dari masyarakat itu sendiri akan terus meningkat.

Dan secara tidak langsung, hal tersebut akan membuat kerusakan pada lingkungan. Yang disebabkan oleh kegiatan ekonomi masyarakat yang melampaui batas.

Imbasnya, ekosistem alam akan semakin rusak. Dan dampaknya, bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan pembakaran hutan dapat terjadi akibat eksploitasi berlebihan terhadap alam.

4. Eksistensi Adat Istiadat Berkurang

Ini juga merupakan salah satu dampak buruk dari perubahan sosial. Modernsasi yang begitu pesat, membuat nilai-nilai budaya dan adat istiadat terlupakan.

Kondisi ini juga lambat laun akan mengikis jati diri bangsa yang sejatinya memang sulit untuk dipisahkan dengan adat istiadat atau budaya yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat.

5. Terjadi Cultural Shock

Dampak negatif lainnya dari perubahan sosial adalah cultural shock. Dimana, terdapat suatu problem kebingungan terhadap kebudayaanya. Umumnya, keadaan ini terjadi karena adanya perubahan budaya yang terjadi dalam waktu cepat. Sehingga, akan membingungkan masyarakat jika masyarakat itu tidak dapat beradaptasi dengan cepat.

6. Tidak Berfungsinya Lembaga Sosial Secara Optimal

Ketidak fungsinya lembaga sosial dapat menyebabkan tumpang tindih dan penyalahgunaan kedudukan dan wewenang yang dilakukan oleh kepemimpinan anggota masyarakat.

Dan biasanya, tindakan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi…..

Sebagai contoh tidak berfungsinya lembaga sosial adalah, lembaga hukum yang tidak melaksanakan peradilan secara baik karena praktik suap. Mereka melakukan itu, hanya untuk memperbaiki standar atau taraf hidup.

Dengan adanya kondisi seperti itu, maka akan timbul beragam opini dari publik yang menyanggah bahwa hukum dapat dibeli.

7. Terjadi Anomi

Anomi merupakan suatu istilah yang dicetuskan oleh Emile Durkheim sebagai gambaran keadaan kacau, tanpa peraturan. Dan keadaan tersebut, dapat disebabkan oleh perubahan sosial.

Contohnya adalah perang, yang menyebabkan nilai dan norma masyarakat memudar karena lembaga sosial tidak berfungsi optimal. Sedangkan masyarakat itu sendiri belum mampu menciptakan nilai dan norma baru yang berfungsi sebagai pedoman.

8. Terjadi Kesenjangan Budaya (Cultural Lag)

Kesenjangan budaya, biasanya terjadi karena adanya perubahan budaya yang lebih cepat antara material ke non material. Sehingga, terjadilah cultural lag tersebut.

Jika hal tersebut terjadi pada masyarakat, maka dapat menyebabkan perubahan sosial. Contoh kecilnya adalah, internet yang kemudian disalahgunakan untuk melakukan tindak kejahatan dan melanggar hukum yang ada.

9. Muncul Paham Duniawi

Dampak negatif perubahan sosial yang terakhir adalah muncul paham duniawi. Adapun paham yang sering muncul adalah sebagai berikut:

  • Konsumerisme, yaitu paham atau ideologi yang menjadikan seseorang mengonsumsi atau memakai barang-barang secara berlebihan.
  • Sekularisasi, yaitu paham yang memisahkan urusan dunia dengan urusan keagamaan.
  • Hedonisme, yaitu paham yang menganggap hidup bertujuan untuk mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.

Contoh Dampak Negatif Perubahan Sosial

Nah, setelah Anda tahu mengenai apa saja dampak negatif dari perubahan sosial. Berikut saya lampirkan juga contohnya supaya Anda semakin paham:

Dalam kehidupan masyarakat modern, seringkali terjadi hubungan sosial yang di dasari pada kepentingan. Meskipun di dalamnya sudah diatur atau disatukan dalam organisasi dan lembaga masyarakat, namun hubungan tersebut tetap saja tidak memiliki ikatan sosial yang erat.

Banyak orang yang hidup di zaman modern seperti saat ini, yang lebih berorientasi untuk menutup diri dalam privasinya, dan hal tersebut dilakukan untuk melindungi hak-hak yang ada dalam pribadinya.

Oleh karena itu, untuk menghadapi perubahan sosial diperlukan sikap inovatif. Sikap inovatif yang dimiliki masyarakat dapat dikembangkan dengan berpikir dan bertindak untuk melakukan perubahan sosial demi menuju kehidupan yang lebih baik.

Sikap inovatif tersebut misalnya dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Berpikir agar menghasilkan hal-hal baru yang berguna bagi masyarakat.
  • Bersikap kritis terhadap kondisi sosial yang dialami oleh masyarakat di lingkungan sekitar.
  • Berorientasi pada kehidupan masa depan yang lebih baik.

Baca Juga: Faktor Pendorong Perubahan Sosial

Demikianlah yang dapat saya bagikan kali tentang dampak negatif perubahan sosial. Jika dirasa konten ini bermanfaat, maka silahkan kalian bagikan ke sosial media Anda… Terima kasih.

Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *