Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Doa Bepergian

1 min read

Doa Bepergian

Saat ingin bepergian, alangkah baiknya jika kita membaca doa terlebih dahulu. Agar, setiap langkah kaki maupun perjalanan kita senantiasa dalam perlindungannya. Baik itu pejalanan jauh ataupun dekat.

Pasalnya, kita tidak akan tahu marabahaya apa yang akan terjadi dalam perjalanan tersebut. Oleh sebab itulah, membaca doa bepergian sangat disarankan sekali.

Namun, selain itu. Anda juga harus tetap berhati-hati ketika sedang menaiki kendaraan…

Dibawah ini, saya akan kembali merangkum kumpulan doa bepergian untuk Anda semua. Baik itu, menggunakan kendaraan darat, kendaraan laut, ataupun kendaraan udara. Berikut ulasannya.

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismillaahi Tawakkaltu A’lallaahi Wa Laa ‘Haula Wa Laa Quwwatta Illa Billaah”

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku kepada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain Allah”.

Doa Bepergian Naik Kendaraan Darat

بِسْمِ اللهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ.. سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ.. الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

“Bismillah , Al’Hamdulillah . Sub’Haanalladzii Sakhoro Lanna Hadzaa Wa Maa Kunnaa Lahu Muqriniin. Wa Innaa Ila Rabbinaa Lamunngqolibuun… Al’Hamdulillaah, Al’Hamdulillaah, Al’Hamdulillaah, Allaahuakbar, Allaahuakbar, Allaahuakbar.. Sub’Haanakallaahumma Innii Dzholamtu Nafsii Faghfirlii, Fa Innahu Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illaa Annta”

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Segala puji bagi Allah, Segala puji bagi Allah, Segala puji bagi Allah, Maha besar Engkau ya Allah, Maha besar Engkau ya Allah, Maha besar Engkau ya Allah… Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Doa Bepergian Naik Kendaraan Laut / Udara

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

“Bismillaahi Majraahaa Wa Mursaahaa. Inna Rabbii Laghofuururraa’Hiim”

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Doa Ketika Sampai Tujuan

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ سَلَّمَنِىْ وَالَّذِىْ آوَانِى وَالَّذِىْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِىْ

“Alhamdulillahilladzi Sallamani Walladzi Awaanii Walladzi Jama’Assamla Bii”

Artinya:
“Segala puji milik Alloh yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

Makna Doa Bepergian

Berdoa, memiliki banyak sekali manfaat. Selain itu, juga terdapat beragam makna didalamnya. Berikut adalah beberapa makna doa bepergian. Diantaranya:

  1. Meminta penyertaan Allah dalam setiap perjalanan dan bepergian yang hendak kita lakukan.
  2. Memohon agar Allah mencukupkan segala urusan yang kita tinggalkan saat bepergian.
  3. Kita mohon perlindungan kepada Allah dari keburukan yang dapat terjadi di perjalanan.

Baca Juga: Doa Masuk dan Keluar Rumah

Demikianlah yang dapat saya bagikan kali ini tentang doa bepergian. Silahkan kalian hafalkan dan amalkan agar setiap perjalanan kalian selalu dalam perlindungan-Nya.

Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *