Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Doa Masuk dan Keluar Masjid

1 min read

Doa Masuk dan Keluar Masjid

Seperti yang kita ketahui, bahwa didalam agama Islam kita sebagai umat dianjurkan untuk membaca doa ketika ingin melakukan sesuatu. Dan salah satu contohnya adalah membaca doa masuk dan keluar masjid.

Masjid merupakan tempat suci, tempat kita beribadah, dan tempat bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Nah ketika kita hendak berangkat ke masjid, alangkah baiknya jika kita melakukan doa terlebih dahulu. Agar, niat dan ibadah kita lebih khusyuk & lebih afdol tentunya, hehe.

Lalu, bagaimana bacaan doa masuk dan keluar masjid? Berikut Scholtrek lampirkan. Check this out!

Doa Masuk Masjid

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Alloohummmaf Tahlii Abwaaba Rohmatika.

Artinya:
“Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu”.


بِسْمِ اللهِ, وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ,اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ, وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bismillah, Wassalaamu ‘Alaa Rosuulillah, Allohummaghfirlii Dzunuubii, Waftahliii Abwaaba Rohmatika.

Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu”.

Doa Keluar Masjid

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allohumma Inniii As’Aluka Min Fadllika.

Artinya:
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu”.

Etika Ketika Berada di Dalam Masjid

Ketika berada di dalam masjid, ada beberapa etika-etika yang perlu Anda ketahui. Ini penting! Mengingat, masjid merupakan tempat ibadah / sholat. Jadi, wajib bagi kita untuk mengetahui etika di dalam masjid tersebut.

Berikut beberapa etika ketika berada di dalam masjid, diantaranya adalah:

  • Mengenakan Pakaian yang Sopan & Bersih,
  • Berjalan dengan Sopan dan Tenang,
  • Menunggu Waktu Shalat dengan Berdzikir,
  • Tidak Bercakap–cakap di Dalam Masjid.

Tata Cara dan Adab Masuk & Keluar Masjid

Selain etika, Anda juga harus memahami adab dan tata cara masuk dan keluar masjid. Berikut beberapa adab yang harus kaliann ketahui dan tata cara masuk / keluar masjid:

1. Mendahulukan Kaki Kanan

Ketika hendak masuk ke masjid, dahulukanlah kaki kanan terlebih dahulu dibanding kaki kiri. Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Termasuk ajaran Nabi Muhammad SAW, ketika Anda masuk Masjid, Anda mendahulukan kaki kanan dan ketika keluar, mendahulukan kaki kiri.” (H.R. Hakim yang telah dishahihkan oleh Ad-Dzhabi).

2. Membaca Do’a Masuk Masjid

Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa setiap umat Muslim diwajibkan untuk membaca doa ketika ingin melakukan sesuatu. Termasuk ketika ingin masuk dan keluar masjid.

3. Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid

Saat berada didalam masjid, lakukanlah sholat sunnah sebanyak dua rakaat. Karena ini juga dianjurkan. Jadi, ketika kita baru sampai di dalam masjid, lakukanlah sholat sunnah tersebut terlebih dahulu.

4. Berdoa Ketika Keluar Sembari Mendahulu-kan Kaki Kiri

Sama seperti poi kedua, ketika ingin keluar masjid kita juga dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu, serta disertai dengan mendahulukan kaki kiri. Adapun doanya adalah ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’.

Artinya “Ya Allah, Aku Meminta karunia dari – Mu.” Tidak hanya itu, saat keluar masjid, kita juga disarankan untuk mendahulukan kaki sebelah kiri.

Baca Juga: Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Nah, itulah dia bacaan doa masuk dan keluar masjid yang dapat saya bagikan kali ini. Silahkan kalian hafal dan amalkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *