Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Doa Sebelum Belajar

3 min read

Doa Sebelum Belajar

Sebagai manusia, kita wajib untuk belajar. Bahkan, saking wajibnya. Belajar tidak hanya teruntuk anak sekolahan saja, kita yang sudah lulus / tua pun dituntut untuk terus belajar.

Karena sesungguhnya, setiap perjalanan hidup ini merupakan sebuah pembelajaran….

Nah oleh sebab itulah, belajar sangat penting sekali bagi kita-kita ini. Pasalnya, dengan belajar kita akan menjadi tahu apa yg sebelumnya tidak kita tahu dan pahami.

Namun, sebelum memulai belajar. Alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu, agar apa yang kita pelajari dapat diserap dan mudah dicerna.

Dibawah ini, saya akan bagikan doa sebelum belajar dan sesudah belajar lengkap dengan penjelasan hadist, adabnya, serta manfaat berdoa sebelum belajar.

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Artinya:
Kami ridho bahwa Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik.


رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

“Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin.”

Artinya:
Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu serta berilah aku kemampuan untuk memahaminya, serta jadikanlah aku termasuk golongan dari hamba-Mu yang sholeh.


اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin.”

Artinya:
Ya Allah, bebaskanlah kami dari segala kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu kepada kami serta bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang.

Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

“Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu”

Artinya:
Ya Allah, tunjukkanlah terhadap kami kebenaran, sehingga kami bisa mengikutinya. Serta tunjukkanlah terhadao kami kejelekan sehingga kami bisa menjauhinya.


رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

“Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal”.

Artinya:
Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu tehadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi.


اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

“Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin”

Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang sudah Engkau ajarkan terhadapku, maka kembalikanlah dia kepadaku pada waktu aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.

Adab Berdoa sebelum Belajar

Penting bagi kita untuk mengetahui adab sebelum melakukan pelajaran atau aktifitas lainnya. Yaitu, dengan membiasakan diri untuk membaca doa.

Yup, dengan membaca doa sebelum melakukan aktifitas. Diharapkan dapat memberikan keberkahan, kemudahan, serta keselamatan dalam menuntut ilmu.

Adapun adab berdoa sebelum belajar adalah dengan belajar bersungguh-sungguh, niat yang tulus, & hanya mengharapkan ridho dari Allah.

Secara umum, di dunia ini terdapat dua jenis ilmu yang harus dipelajari. Diantaranya adalah:

1. Ilmu Agama

Ilmu agama harus dipelajari supaya manusia dapat menjalankan ibadah dengan baik. Sebagai contoh, ilmu mengenai akidah, tata cara sholat, berwudhu, bersuci, puasa dan yang lainnya.

2 Ilmu Dunia

Ilmu dunia berkaitan dengan hal duniawi. Sebagai contoh, ilmu matematika, ilmu kedokteran, ilmu fisika, meteorologi, & masih banyak lagi yang lain.

Agama Islam, menuntut kita supaya mempelajari dan memahami kedua ilmu diatas. Agar, kita dapat memperoleh kebaikan di dunia maupun di akhirat.

Hadist Mengenai Ilmu

Bukan hanya pada firman Allah SWT saja yang menyebutkan mengenai keutamaan ilmu. Akan tetapi, hadis riwayat dari para sahabat juga ikut menguatkan serta membantu kita untuk selalu menuntut ilmu.

Diantaranya adalah sebagai berikut:

*** ***

Hadist riwayat Bukhari:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَة عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

“Tholabul ‘ilmi qoriidlotun ‘ala kulli muslimin wa muslimat”.

Artinya:
Mencari ilmu itu wajib untuk seluruh umat muslim yang laki-laki ataupun perempuan.


Hadist riwayat Turmudzi (keutamaan menuntut ilmu):

مَنْ خَرَجَفِى طَلَبُ الْغِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

“Man khofii tholabul ‘ilmi fahuwa fii sabiilillaahi hatta yarji’a”.

Artinya:
Barang siapa yang keluar dengan tujuan untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah sampai ia pulang.


Hadist riwayat Turmudzi:

مَنْ اَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ . وَمَنْ اَرَادَالْااَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِلْعِلْمِ . وَمَنْ اَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

“Man araa daaddunyaa fa’alayhi bil’ilmi, wa man araadaal akhirata fa’alayhi bil’ilmi, wa man araadahumaa fa’alayhi bil’ilmi”.

Artinya:
Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib untuknya mempunyai ilmu, serta barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat, maka wajib untuknya mempunyai ilmu, serta barang siapa yang menghendaki keduanya, maka wajib untuknya memiliki ilmu.


Hadist yang menyebutkan mengenai menuntut ilmu hingga meninggal:

اَطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلَى الَّلحْدِ

“Uthlubil ‘ilma minal mahdi ilallahdi”.

Artinya:
Carilah ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat. (Al-Hadis)


Hadist riwayat Turmudzi (kewajiban menuntut ilmu untuk dunia dan akhirat):

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا شَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِ

“Man salaka thoriiqon yaltamisu fiihi ‘ilman sahhalallahu bihi thoriiqon ilaljannati”.

Artinya:
Barang siapa yang menempuh jalan dalam mencari suatu ilmu. Niscaya Allah akan memudahkannya menuju jalan ke surga.


Rasulullah bersabda:

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:
“Apabila seseorang sudah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat serta anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Manfaat Berdoa Sebelum dan Sesudah Belajar

Ada banyak sekali manfaat dan fadilah yang akan kita dapat dari membaca doa sebelum belajar & sesudah belajar. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Terhindar dari masalah

Saat kita sedang mempelajari suatu ilmu, tentu kita akan dihadapkan dengan berbagai macam masalah dan rintangan. Sehingga, akan membuat kita merasa putus asa.

Namun, dengan berdoa. Insya Allah kita akan dapat mengatasinya. Dan, proses belajar pun akan berjalan lancar serta ilmu yang diperoleh akan menjadi lebih barokah.

2. Tujuan akan menjadi lebih jelas

Seperti yang kita ketahui, bahwa belajar tentu memiliki tujuan yang jelas. Dan, dengan berdoa. Maka, tujuan Anda akan semakin jelas terkait apa yang akan Anda pelajari.

Dengan begitu, maka Anda akan terhindar dari rasa ragu dalam belajar. Selain itu, berdoa juga dapat menjadi bukti jika Anda sudah pasrah.

3. Memperoleh jawaban yang tepat

Untuk mendapatkan jawaban yang tepat, Anda bisa berdoa terlebih dahulu sebelum memulai belajar. Contohnya saja, ketika Anda akan menghadapi ujian dalam berbagai bidang pelajaran.

Nah, sebelum memulai ujian. Anda bisa membaca doa belajar terlebih dahulu. Agar, Anda dimudahkan dalam menjawab soal dan akan ditunjukkan dengan jawaban yang tepat. Insya Allah.

4. Lebih percaya diri serta ikhlas

Berdoa sebelum belajar, dapat memberikan kita kekuatan serta percaya diri. Yang dimana, hal tersebut akan membuat kita lebih ikhlas dan pasrahkan seluruhya hanya kepada Allah SWT.

5. Bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat

Berdoa sebelum dan setelah melakukan sesuatu akan membuat sesuatu yang Anda kerjakan menjadi bermanfaat. Selain itu, Anda akan mendapatkan pahala dari Allah, dan mendapatkan kemuliaan di dunia dan di akhirat.

Baca Juga: Doa Bepergian

Demikianlah yang dapat saya bagikan kali ini tentang doa sebelum belajar dan sesudah belajar. Silahkan kalian amalkan dan hafal, agar pelajaran yang kalian pelajari lebih berkah.

Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *