Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Doa Setelah Sholat Fardhu

2 min read

Doa Setelah Sholat Fardhu

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk menjalankan segala perintah yang telah Allah tetapkan. Seperti beribadah, berbuat kebaikan, dan menjahui segala larangan-larangan Nya.

Dalam islam, sholat merupakan hal wajib yang harus kita lakukan. Baik itu sholat wajib, maupun ibadah sunnah.

Sholat fardhu sendiri merupakan sholat wajib yang harus dilakukan setiap hari. Mulai dari pagi hari, hingga malam hari di jam, atau pada waktu tertentu sesuai dengan jadwal sholat yang sudah ditentukan.

Sholat wajib ini ada 5, yaitu :

  1. Sholat Subuh yang terdiri dari 2 rakaat.
  2. Sholat dhuhur yang terdiri 4 rakaat.
  3. Sholat Ashar yang terdiri 4 rakaat.
  4. Sholat Maghrib yang terdiri 3 rakaat.
  5. Sholat Isya yang terdiri 4 rakaat.

Jadi, dalam sehari umat muslim akan menjalankan ibadah sholat fardhu sebanyak 5 kali. Dengan total rakaat, sebanyak 17 rakaat.

Doa setelah sholat fardhu ini, merupakan doa yang dilakukan seusai / setelah sholat wajib 5 waktu. Dan biasanya, doa ini memiliki banyak sekali macamnya. Tapi, Anda dapat memilih salah satu diantaranya.

Namun, sebelum Anda membaca doa tersebut. Wajib, bagi Anda untuk mengetahui artinya terlebih dahulu. Sebab, jika tidak tahu. Bisa berakibat fatal nantinya.

Pada dasarnya, semua doa itu untuk kebaikan. Baik untuk kebaikan di dunia, maupun kebaikan di akhirat. Dan perlu Anda ketahui, bahwa ketika ingin berdoa hendaklah mengucap basmallah. Dan akhiri dengan Sholawat Nabi dan Hamdallah ketika selesai berdoa.

Nah, dibawah ini adalah doa setelah sholat fardhu. Check this out!

Doa Setelah Sholat Fardhu

بسم الله الرحمن الرحيم
ألحمد لله رب العالمين اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

١. اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ

٢. اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ.

٣. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

٤. رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

٥. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

٦. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار

وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين

“Bismillaahirohmaanirrohiim. Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin. Allaahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa’alaa aali sayyidina Muhammad.

Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa min jamii’il haajaat. Wa tuthohhirunaa bihaa min jamii’is sayyi_aat. Wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad_darojaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshol ghooyaat. Min jamii’il khoirooti fil hayaati wa ba’dal mamaat.

Allaahumma innaa nas_aluka salaamatan fid_diin. Wa ‘aafiyatan fil jasadi. Wa ziyaadatan fil ‘ilmi. Wa barakatan fir_rizqi. Wa taubatan qoblal maut. Wa rahmatan ‘indal maut. Wa maghfirotan ba’dal maut.

Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut. Wan_najaata minan_naari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

Robbanaa laa tuzigh qulubanaa ba’da idz_hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah. Innaka antal wahhaab.

Allaahummaghfirlii dzunuubi waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii soghiiroo.

Robbanaa aatinaa fid_dun_yaa hasanah wafil aakhiroti hasanah waqinaa adzaaban_naar.

Washollallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad. Walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.”

Artinya :

“Ya Allah limpahkan rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, karena dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kami dari semua mara bahaya, dan dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan hajat kami, dan dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kesalahan kami, dan dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat derajat kami, dan dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kami kepada kesempurnaan semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah kami memohon kepadamu keselamatan Agama, kesehatan jasmani, tambahan Ilmu, keberkahan dalam rejeki, taubat sebelum ajal tiba, rahmat ketika hendak mati dan ampunan setelah mati.

Ya Allah, ringankanlah kami ketika sedang sakaratul Maut, selamatkan kami dari api neraka, dan ampunilah kami ketika sedang proses hisab.

Ya Allah, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (Karunia).

Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka menyayangiku di waktu aku kecil.

Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka.”

Adab Berdoa

Berdoa, juga memiliki beberapa adab-adab yang harus Anda ketahui. Agar, setiap doa yang kita panjatkan dapat segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Namun perlu digaris bawahi, bahwa tidak semua doa / yang kita inginkan dapat terpenuhi. Akan tetapi, Allah senantiasa akan memberi apa yang kita butuhkan. Berikut ini adalah adab-adab dalam berdoa:

  • Carilah waktu – waktu yang mustajab untuk berdoa. Walaupun pada dasarnya semua doa dapat digunakan untuk berdoa namun ada waktu – waktu tertentu yang sangat tinggi potensialnya dikabulkannya doa tersebut.
  • Menghadap kiblat dan mengangkat tangan kita.
  • Mulailah doa dengan memuji Allah dan bersolawat kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Dengan suara yang pelan atau bahkan di dalam hati sambil dihayati dengan khusyu’ dan penuh harap seakan – akan memang doa tersebut akan di kabulkan.
  • Yakin dan mantapkan hati kita akan terkabulnya doa tersebut.
  • Kita dianjurkan mengulang – ulang doa tersebut sambil merengek dalam doa.
  • Tidak menuntut atau tergesa – gesa meminta agar doa dikabulkan dengan cepat.
  • Hindari berdoa untuk kejelekkan orang yang tidak kita sukai. Bisa jadi malah doa tersebut akan balik kepada kita yang mendoakan.
Baca juga: Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Silahkan Anda baca dan amalkan doa tersebut setiap kali menjalani sholat wajib 5 waktu. Dan, semoga apa yang Anda inginkan akan segera terwujud. Aamiin…

Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *