Eci Desi Cewek Tomboy, suka main, hobi Traveling dan Baca Novel. Saat ini menjadi penulis tetap di Scholtrek.com.

Ide Pokok

1 min read

Ide Pokok

Ide Pokok – Ide Pokok, bukanlah hal yang asing lagi bagi anak SMA dan sederajat. Sebab, materi ini akan sering dijumpai dan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Nah, buat Anda yang masih duduk dibangku sekolah. Khususnya SMA dan sederajat, maka postingan ini patut untuk Anda simak. Sebab, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang ide pokok paragraf secara lengkap.

Berikut ulasannya…..

Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah sebuah pembahasan inti yang biasanya terdapat pada awal, tengah, maupun akhir dari sebuah paragraf atau bacaan.

Secara umum, ide pokok ini memiliki banyak sekali sebutan. Contohnya saja seperti gagasan utama, gagasan pokok, pokok pikiran, dan pikiran utama.

Fungsi Ide Pokok

Adapun fungsi dari idé pokok tersebut adalah untuk memberikan penjelasan dari suatu bacaan atau paragraf secara singkat dan jelas, agar para pembaca dapat memahami inti dari bacaan / paragraf tersebut.

Selain itu, idë pokok juga memiliki fungsi lainnya. Yaitu sebagai patokan, pokok, ataupun dasar acuan dari suatu paragraf.

Ciri-ciri Ide Pokok

Untuk memahami lebih dalam mengenai hal ini, kita perlu mengetahui ciri-ciri dari idè pokok tersebut. Agar kita lebih mudah nantinya dalam menentukan idê pokok dalam suatu paragraf.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri pokok pikiran yang perlu Anda ketahui:

  • Idë pokok pasti diikuti dengan penjelasan yang berupa kalimat pendukung atau kalimat pengembang,
  • Selain adanya kalimat pendukung atau pengembang, jika terdapat gagasan utama, pasti juga ada alasan yang menguatkannya,
  • Gagasan pokok menjadi pusat pembahasan pada bacaan,
  • Dinyatakan secara gamblang dalam kalimat utama,
  • Letaknya bisa di awal paragraf, tengah, ataupun akhir paragraf.

Contoh Ide Pokok

Setelah Anda mengetahui pengertian, fungsi dan ciri-ciri pokok pikiran. Maka kini saatnya saya berikan 1 contoh bacaan singkat dan apa inti pokok dari bacaan tersebut.

Dibaca baik-baik ya….

Buah Naga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat pertama, buah ini dapat menurunkan kolesterol karena kandungan vitamin B3 yang ada di dalamnya. Selaim itu, buah yang satu ini kaya akan serat sehingga bisa membuat pencernaan menjadi jauh lebih lancar.

Bukan sekadar itu saja, buah naga juga dapat membantu detoksifikasi sehingga dapat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Dan masih banyak lagi faedah yang bisa Anda dapatkan apabila mengkonsumsi buah berwarna merah yang satu ini. Setelah mengetahui tentang hal ini, masihkah Anda ragu dan enggan memakan buah naga?

Coba Anda simak dan perhatikan contoh bacaan singkat diatas. Lalu, coba simpulkan. Kira-kira apa yang menjadi idē pokok dari bacaan tersebut? “Manfaat buah naga bagi kesehatan?” Yup, betul sekali.

Baca Juga: Cara Menentukan Ide Pokok

Demikianlah yang dapat saya bagikan kali ini tentang penjelasan lengkap idè pokok. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan Anda semua, dan jika dirasa bermanfaat silahkan Anda bagikan. Terima kasih.

Eci Desi Cewek Tomboy, suka main, hobi Traveling dan Baca Novel. Saat ini menjadi penulis tetap di Scholtrek.com.

Contoh Ungkapan

Eci Desi
3 min read

Pidato Bahasa Jawa

Eci Desi
6 min read

Contoh Karya Ilmiah

Wandi Setiawan
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *