Eci Desi Cewek Tomboy, suka main, hobi Traveling dan Baca Novel. Saat ini menjadi penulis tetap di Scholtrek.com.

Ikan Terbesar di Dunia

2 min read

Ikan Terbesar di Dunia

Ikan Terbesar di Dunia – Ikan atau pisces merupakan hewan yang hidup di dasar / dalam laut. Biasanya, ikan bernafas dengan menggunakan insang. Namun, ada juga beberapa mamalia yang mirip atau serupa dengan ikan tetapi cara bernafasnya tidak menggunakan insang.

Seperti yang kita ketahui, bahwa bumi merupakan planet ketiga dari matahari yang memiliki luas perairan lebih besar dibandingkan daratan. Dan, tentu saja hal tersebut membuat bumi kaya akan potensi lautnya. Salah satunya adalah mamalia laut, seperti ikan.

Menurut data, setidaknya ada lebih dari 27.000 spesies ikan yang tersebar di bumi yang Allah ciptakan ini, baik yang berhabitat di sungai, laut, danau, kolam, air payau, samudra ataupun perairan lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kumpulan ikan terbesar di dunia yang pernah ditemukan oleh manusia. So, buat Anda yg penasaran. Silahkan simak konten ini sampai selesai.

Ikan Terbesar di Dunia

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada 10+ ikan terbesar di dunia ini yang pernah ditemukan dan ditangkap oleh manusia. Diantaranya adalah sebagai berikut. Check this Out!

1. Ikan Paus Biru

Ikan Paus Biru

Ikan terbesar di dunia yang pertama adalah paus biru (blue whale). Ikan dengan panjang 33 meter dan berat 181 ton ini berhasil menjadi ikan yang paling besar di dunia ini.

Namun, paus biru tersebut ternyata bukanlah termasuk ke dalam spesies pisces. Melainkan, mamalia yang serupa / mirip ikan. Hal itu dikarenakan cara bernafasnya yang menggunakan paru-paru.

Untuk jenis makanannya, ikan paus biru ini biasa memangsa hewan-hewan kecil seperti crustacesa ataupun hewan kecil yang lainnya. Sementara habitatnya, ikan paus ini menyebar dari Samudra Hinda, Samudra Pasifik & Samudra Atlantik.

2. Lele Raksasa Dari Sungai Mekong

Lele Raksasa Dari Sungai Mekong

Lele adalah jenis ikan yang paling sering kita temukan di Negara Asia, khususnya Indonesia. Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang biasa hidup di sungai dan rawa-rawa.

Pada umumnya, ikan lele yang hidup di Indonesia itu rata-rata ukurannya kecil-kecil dan standars. Tapi, tahukah Anda bahwa ada juga lhoo ikan lele dengan ukuran jumbo / besar.

Yup, ikan lele tersebut berada di sungai Mekong. Sungai terpanjang dan terluas di daratan Asia Tenggara. Ikan lele yang pernah ditemukan tersebut, memiliki panjang 1,5 meter dengan berat mencapai 50 kilo gram.

3. Paus Sirip Punggung

Paus Sirip Punggung

Ikan terbesar di dunia selanjutnya adalah Paus sirip punggung. Ikan dengan nama latin Balaenoptera Physalus ini merupakan ikan terbesar kedua di dunia, yang memiliki panjang 27 meter dengan berat ratusan ton.

Paus sirip punggung ini dapat Anda temukan di seluruh samudra dunia, seperti pada lautan tropis dan daerah kutub. Namun, pada kutub selatan dan kutub utara Anda tidak akan bisa menemukan paus ini.

4. Ikan Hiu Paus

Ikan Hiu Paus

Hiu Paus atau Shark Whale merupakan salah satu ikan terbesar di dunia. Namun, ikan ini tidak termasuk kedalam golongan ikan terganas. Pasalnya, hiu paus ini merupakan pemakan hewan kecil yang ada di dalam laut seperti zooplankton atau fitoplankton. Adapun nama lain dari ikan hiu pau ini ialah Rhincodon typus.

5. Ikan Paus Pembunuh

Ikan Paus Pembunuh

Diposisi kelima ada paus pembunuh. Ikan paus ini merupakan jenis ikan paus terganas dan mematikan yang ada di lautan. Namun sayangnya, ikan ini bukanlah termasuk kedalam spesies paus. Karena, ikan ini lebih dekat dengan lumba-lumba.

Dalam bahasa Inggris, ikan paus ini disebut Ocra. Dan biasanya, paus pembunuh ini hidup begrombolan dengan kawanannya. Untuk makanan nya, paus ini biasa memangsa hewan laut seperti anjing laut, hiu putih dan hewan laut besar lainnya.

Meskipun memiliki ukuran yang besar, hal tersebut tidak membuat ikan paus ini bergerak lambat. Nyatanya, paus pembunuh ini mampu bergerak dengan gesit, lincah dan bahkan dapat melompat dengan tinggi seperti ikan lumba-lumba pada umumnya.

Ikan Terbesar di Dunia Lainnya

Ikan Terbesar di Dunia Lainnya

Selain beberapa jenis ikan diatas, ada juga ikan terbesar dari jenis yang lainnya. Berikut beberapa jenis ikan terbesar di dunia lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Great White Shark,
  • Greenland Shark,
  • Basking Shark,
  • Catfish,
  • Blue Marlin,
  • Ikan Pari Raksasa.

Baca Juga: Buaya Terbesar di Dunia

Nah, itulah dia kumpulan ikan terbesar didunia yang masih hidup dan pernah ditangkap oleh manusia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mengetahui ikan-ikan terbesar. Demikian dan Terima kasih.

Eci Desi Cewek Tomboy, suka main, hobi Traveling dan Baca Novel. Saat ini menjadi penulis tetap di Scholtrek.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *