Wandi Setiawan Seorang yang suka membaca, menulis dan menggambar serta memiliki hobi bermain bola. Tim favorit Liverpol.

Jajar Genjang

2 min read

Jajar Genjang

Masih dalam kategori pelajaran Matematika, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jajar genjang secara lengkap. Mulai dari pengertiannya, rumus luas dan keliling, serta contoh soal jajar genjang. Jadi, silahkan Anda simak artikel ini sampai tuntas.

Oke, langsung saja kita simak….

Pengertian Jajar Genjang

Apa itu jajar genjang?

Jajar genjang atau dalam bahasa inggris parallelogram adalah sebuah jenis bangun datar 2 dimensi yang memiliki bentuk masing-masing sama panjang dan sejajar dengan pasangannya.

Dan, memiliki dua pasang sudut yang masing-masing sama besar dengan sudut di hadapan-nya. (Wikipedia).

Jenis Jajar Genjang

Secara umum, jajar genjang itu memiliki 3 jenis. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai sebuah sisi yang saling berhadapan dengan panjang yang sama dan sejajar.
  • Terdapat sudut yang saling berdekatan dengan jumlah 180ó / derajat.
  • Mempunyai 2 diagonal yang saling berpotongan ditengahnya.

Ciri-ciri Jajar Genjang

Jajar genjang, pada umumnya memiliki beberapa ciri-ciri. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai dua sisi yang sama panjang.
  • Mempunyai sepasang sisi yang sejajar.
  • Kemudian jumlah dari ke empat sudutnya ialah 360 derajat.
  • Mempunyai dua sepasang sudut sama besarnya.
  • Terdapat dua diagonal yang tidak sama panjang.
  • Mempunyai dua simetri putar.
  • Tidak terdapat sumbu simetri.
  • Tidak mempunyai simetri lipat.
  • Pada diagonalnya berpotongan tidak tegak lurus.
  • Dari semua sudutnya yang segaris iaslah berjumlah 180⁰.

Rumus Luas Jajar Genjang

Banyak siswa yang terkecoh dengan soal yang menyatakan bahwa rumus jajar genjang tak beraturan maupun beraturan. Padahal, hal tersebut tidaklah benar. Sebab, rumus luas jajar genjang sendiri sangatlah simple.

Berikut contoh gambarnya:

Coba Anda perhatikan gambar diatas. Sangat simple bukan? Umumnya, rumus jajar genjang adalah hasil dari perkalian alas dan tinggi. Berikut rumusnya:

L = luas, a = alas, t = tinggi, L = a x t

Untuk mempelajari dan memahami materi ini cukuplah mudah, apalagi jika kita lihat dari rumusnya. Jadi, tidak ada alasan sulit saat mengerjakan materi ini.

Rumus Keliling Jajar Genjang

Berbeda dengan rumus luas jajar genjang. Rumus keliling, memiliki cara hitung yang sedikit rumit. Yaitu, dengan menjumlahkan semua panjang pada sisi-sisinya. Jadi, rumis keliling jajar genjang memerlukan panjang sisi.

Berikut contoh gambarnya:

Pada gambar diatas, terdapat keliling jajar genjang ABCD yang merupakan jumlah panjang sisi-sisinya. Dan dirumuskan sebagai berikut:

K = AB + BC + CD + AD

Penjelasan…

K = keliling, sementara AB, BC, CD, dan AD adalah sisi dari jajar genjang tsb. Atau K = 2 x (AB + BC) / 2 x (alas + sisi miring).

Coba Anda lihat gambar dan penjelasan diatas. Mengapa rumus bangun datar jajar genjang di atas bisa menjadi K = 2 x (AB + BC)?

Tau, kenapa? Itu, dikarenakan panjang sisi AB sama dengan CD. Dan, panjang sisi BC sama dengan AD. Jadi, dengan begitu. Cara menghitung keliling jajar genjang dapat disederhanakan.

Contoh Soal Jajar Genjang

Setelah kalian mengetahui dan memahami tentang rumus jajar genjang. Maka, sekarang saatnya kita melakukan test atau praktek. Untuk melakukan praktek, saya sudah menyiapkan beberapa soal jajar genjang.

Berikut beberapa contoh soal jajar genjang:

  • Ada Sebuah jajar genjang ABCD dengan sudut AB yaitu alasnya = 12 cm, dan tingginya = 6 cm. Maka, silahkan cari dan hitunglah luas jajar genjang tersebut.
  • Ada Sebuah balok yang berbentuk jajar genjang ABCD dengan sudut AB yaitu alasnya = 32 m, dan tingginya= 14 m. Cari dan hitunglah luas jajar genjang tersebut.
  • Ada sebuah jajar genjang yang mempunyai sisi miring 12cm dan panjang alas 24cm. Berapakah keliling bangun datar jajar genjang tersebut? Tuliskan rumusnya dengan lengkap!

Baca Juga: Persamaan Kuadrat

Itulah dia penjelasan tentang rumus jajar genjang beserta contoh soalnya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua dalam memahami pelajaran jajar genjang yah. Oh iya, jika ada pertanyaan. Langsung komen aja dibawah. Sekian dan terima kasih.

Wandi Setiawan Seorang yang suka membaca, menulis dan menggambar serta memiliki hobi bermain bola. Tim favorit Liverpol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *