Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Suhuf

1 min read

Suhuf

Suhuf – Mendengar kata suhuf, pasti kalian sudah tidak asing lagi bukan? Yup, kata suhuf memang sudah sangat familiar sekali bagi kita. Sebab, kata tersebut sering kita temukan dan dengar pada saat pelajaran Agama Islam (PAI).

Kata suhuf sendiri, diambil dari bahasa Arab yang artinya adalah lembaran. Sederhananya, suhuf bisa disamaartikan dengan Al-Quran, yakni memiliki isi firman-firman Allah Taa’ala yang diwahyukan kepada para Nabi dan Rasul.

Nah, untuk lebih jelas dan lengkapnya. Silahkan Anda simak postingan ini sampai selesai. Check this out.

Pengertian Suhuf

Suhuf adalah sebuah wahyu Allah yang diturunkan kepada para nabi dan rosul, yang berupa lembaran-lembaran. Adapun lembaran tersebut, sejatinya terpisah-pisah. Ada yang ditulis diatas batu, ada yang diatas kulit ternak, hingga diatas pelepah kurma.

Menurut penjelasan, isi didalam suhuf tersebut berupa pujian-pujian, zikir, nasehat dan tidak wajib diajarkan kepada manusia. Hal ini diperkokoh dan dapat Anda lihat pada Al-Quran surat al-a’la ayat 18-19 yang artinya sebagai berikut:

إِنَّ هَٰذَا لَفِي الصُّحُفِ الْأُولَىٰ
صُحُفِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَىٰ

“Sesungguhnya ini terdapat dalam kitab-kitab yang dahulu, (yaitu) kitab-kitab Ibrahim dan Musa.”

Nabi yang Menerima Suhuf

Tidak semua nabi menerima suhuf. Dari 25 nabi, hanya 5 orang nabi saja yang menerima suhuf. Berikut ini adalah nama-nama nabi yang menerima suhuf beserta jumlah suhufnya:

Nama NabiJumlah Suhuf
Nabi Adam A.s10 Suhuf
Nabi Musa A.s10 Suhuf
Nabi Ibrahim A.s30 Suhuf
Nabi Idris A.s30 Suhuf
Nabi Syith A.s50 Suhuf

Perbedaan Suhuf

Suhuf dan kitab, pada hakekatnya memiliki kesamaan. Yaitu, sama-sama wahyu yang diturunkan oleh Allah. Namun meskipun begitu, ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Berikut adalah perbedaannya:

  • Kitab diturunkan kepada rasul pilihan dan untuk diajarkan kepada manusia, sedangkan suhuf diturunkan kepada rasul pilihan tapi tidak diwajibkan untuk diajarkan kepada manusia.
  • Isi kitab tentu lebih lengkap jika dibanding dengan suhuf.
  • Kitab ada 4 yaitu Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur’an, yang mana didalamnya berisikan tentang akidah, ibadah, syariah dan muamalah. Sedangkan suhuf berupa lembaran wahyu Allah yang berisikan tentang pujian-pujian, zikir dan nasihat-nasihat.

Jika dilihat dari penjelasan diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa kitab memiliki keutuhan dan sudah dijadikan dalam satu pembukuan sebagai satu kumpulan wahyu. Sedangkan suhuf berbentuk lembaran yang tidak di bukukan.

Demikianlah, ulasan yang dapat saya bagikan kali ini tentang pengertian suhuf beserta penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat, dan jika ada salah kalimat, kata dalam penyampaian. Mohon untuk dimaafkan dan di maklumi. Sekian, Terima kasih.

Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *