Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Tasamuh

2 min read

Tasamuh

Tasamuh – Sebagai umat muslim yang hidup di lingkungan heterogen, penting bagi kita untuk memahami pengertian tasamuh. Sebab, kita akan mendapatkan segudang manfaat dari memahaminya.

Baik itu di ruang lingkup sekolah, tempat kerja, dan bermasyarakat…

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tasamuh secara lengkap. Mulai dari pengertian, penerapan tasamuh, manfaat dan contoh tasamuh. Berikut ulasannya.

Pengertian Tasamuh

Tasamuh adalah sikap toleransi, tenggang rasa, lapang dada, atau bermurah hati. Kata tasamuh sendiri, merupakan kata yang diambil dari bahasa Arab, yang artinya adalah toleransi.

Inti dari tasamuh ini adalah menetapkan atau mempertahankan jati diri dan pendirian pribadi, namun tetap bersedia menerima pendapat dari orang lain. Baik itu dari segi kehidupan, agama, kebudayaan, kondisi sosial, dan kemasyarakatan.

Sikap tasamuh ini, sangat dibutuhkan sekali dalam kehidupan bermasyarakat. Terutama, pada Negara yang memiliki beragam suku, ras, Agama, dan juga budaya. Tentu, sikap ini sangat penting sekali.

Untuk itulah, mari kita belajar dan menanamkan sikap tasamuh ini agar kehidupan kita lebih harmonis dan penuh cinta. Selain itu, supaya kita juga terhindar dan terjauhi dari perselisihan karena berbeda pandangan.

Manfaat Tasamuh

Sudah sepatutnya, sebagai masyarakat kita memiliki sikap toleransi. Hal tersebut agar kita dapat meminimalisir permasalahan sosial.

Rasulullah SAW saja mengajarkan kita sebagai umat muslim, agar kita saling menghargai dan tolong menolong dalam kebaikan, bahkan dengan pemeluk agama lain. Adapun, manfaat dari tasamuh adalah sebagai berikut:

  • Menjalin ukhuwah persatuan dan kesatuan.
  • Menciptakan keharmonisan dalam hidup.
  • Mewujudkan kerukunan.
  • Menciptakan rasa aman, damai, aman dan tentram.
  • Menimbulkan sikap saling menghormati.
  • Menghilangkan fitnah dan kebencian.

Contoh Penerapan Tasamuh

Tak lengkap rasanya, jika kita hanya memahami pengertian tasamuh dan manfaatnya. Oleh karena itu, berikut beberapa contoh penerapan tasamuh yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di Lingkungan Keluarga

Sikap tasamuh atau toleransi, juga bisa diterapkan dalam lingkungan keluarga. Sebagai contoh adalah membantu pekerjaan orang tua di rumah, dan memberikan waktu mereka untuk beristirahat.

Selain itu, tidak membuat kegaduhan ketika jam belajar dan ibadah. Menghormati yang lebih tua, dan menyayangi anggota keluarga yang lebih muda juga merupakan contoh dari sikap tasamuh.

Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Contoh penerapan tasamuh dalam kehidupan beemrmasyarakat adalah menghargai pendapat dan pilihan orang lain. Minsalnya, dalam kontes pemilu. Hendaknya, kita menghargai setiap pilihannya dan tidak memaksa kehendak kita pribadi.

Di Lingkungan Kerja

Dalam ruang lingkup kerja, kita juga harus menerapkan sikap tasamuh atau toleransi. Hal tersebut bertujuan agar kita dapat menjaga keharmonisan hubungan antar pekerja maupun dengan atasan. Dengan begitu, aktifitas pekerjaan yang dijalani akan lebih nyaman.

Dalam Lingkungan Sekolah

Perbedaan tasamuh dalam lingkungan sekolah, secara umum tidaklah terlalu jauh berbeda. Minsalnya seperti membantu teman belajar, mengatur jadwal kebersihan kelas, dan bersama-sama menjaga ketenangan ketika ujian berlangsung.

Selain itu, menghormati guru, petugas sekolah, berperilaku santun, tidak mengganggu teman lain dan ersama-sama menjaga nama baik sekolah dimana pun berada juga merupakan contoh dari sikap tasamuh tersebut..

Dalil-Dalil Tasamuh

Ada beberapa dalil yang menjelaskan tentang tasamuh ini, baik oleh Rasulullah SAW maupun para sahabat, diantaranya adalah sebagai berikut:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُونُواْ قَوَّٰمِينَ لِلَّهِ شُهَدَآءَ بِٱلۡقِسۡطِۖ وَلَا يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَ‍َٔانُ قَوۡمٍ عَلَىٰٓ أَلَّا تَعۡدِلُواْۚ ٱعۡدِلُواْ هُوَ أَقۡرَبُ لِلتَّقۡوَىٰۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ ٨

Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Maidah (5): 8)


إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ إِخۡوَةٞ فَأَصۡلِحُواْ بَيۡنَ أَخَوَيۡكُمۡۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُونَ ١٠

Artinya:
“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat” (al-Hujuraat (49): 10)


حَدَّثَنَا قَتَادَةُ ، عَنْ أَنَسٍ ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ.

Artinya:
Telah menceritakan kepada kami Qatadah, dari Anas radhiyallaahu ‘anhu, dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda: “Tidak sempurna iman diantara kalian semua, sehingga orang tersebut mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri” (HR. Bukhari )


عَنِ الزُّهْرِيِّ ، قَالَ : حَدَّثَنِي أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : لاََ تَبَاغَضُوا ، وَلاَ تَحَاسَدُوا ، وَلاَ تَدَابَرُوا وَكُونُوا عِبَادَ اللهِ إِخْوَانًا ، …….. الخ

Artinya:
Dari az-Zuhri berkata, menceritakan kepadaku Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kalian saling membenci, saling mendengki, dan saling membelakangi, dan jadilah kalian semua sebagai hamba Allah yang saling bersaudara… (HR. Bukhari)

Demikianlah, ulasan yang dapat saya sampaikan kali ini tentang tasamuh. Semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan Anda dalam memahami pengertian tasamuh beserta contohnya. Semoga bermanfaat & Terima kasih.

Jumaldi Kurnia Rizki Seorang yang memiliki banyak kekurangan, namun berusaha mengubah itu semua menjadi secuil kelebihan. Bismillah...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *